MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN)

Authors

  • MUNFINGAH Institus Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.274

Keywords:

Manajemen, pendidikan karakter, penguatan pendidikan karakter

Abstract

Pendidikan karakter menjadi program nasional sejak satu dasawara terakhir. Manajemen Pendidikan karakter di sekolah sebagai salah satu usaha dalam meminimalisir adanya ketimpangan Pendidikan melalui 5 nilai Pendidikan karakter yaitu: Religius, Nasilonalis, Mandiri, Gotong Royong, dan Integritas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen penguatan Pendidikan karakter di SMK Cipta Karya Prembun diawali dengan perencanaan yaitu dengan menyusun kurikulum yang diintegrasikan dengan program PPK dan menyusun tim PPK, pengorganisasian yaitu dengan pembagian tugas tambahan sebagai tim PPK, Pelaksanaan PPK sudah mencakup 5 nilai dan dilaksanakan dengan baik serta melibatkan seluruh elemen yang ada disekolah seperti kepala sekolah, guru, siswa, tenaga kependidikan dan wali siswa, sedangkan evaluasi dilakukan setiap semester, rapat bulanan dan kondisional jika evaluasi tersebut dibutuhkan. Secara keseluruhan pelaksanaan manajemen penguatan pendidikan karkater telah dilaksanakan dengan baik. Penguatan Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting, karena perubahan perilaku peserta didik sebagai hasil dari proses Pendidikan karakter membutuhkan dukungan dan peran serta pemangku Pendidikan.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. 2018. Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Cresswell, J. W. 2015. Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Farida, N. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Alfabeta

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2017. Kajian dan pedoman penguatan Pendidikan karakter (PPK). Jakarta: Kemendikbud,

Kemendikbud. 2017. Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat sekolah Dasar dan Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud

Lichona, T. 2012. Education Of Character. Alih Bahasa: Gunawan. Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bandung: PT Bumi Aksara.

Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Purwandari, dkk. 2018. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Erlangga,

Raharjo, S. B. 2010. Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, 16(3), 229-238.

Salim, A. 2015. Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah: Sebuah Konsep Dan Penerapannya. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 1(02), 1-16.

Sugiyono, D. 2013. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : UPI.

Susanto, F. X. 2022. Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Mutu Lulusan Siswa Di Sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama. al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 315-322.

Terry, G. R. 1993. Prinsip-prinsip Manajemen. Alih Bahasa: J. Smith. Jakarta: Bumi Aksara

Terry, G. R. 2012. Asas-Asas Manajemen Cetakan VII. Bandung: PT Alumni.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2024-01-12

How to Cite

MUNFINGAH. (2024). MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN). Jurnal Kepengawasan, Supervisi Dan Manajerial (JKSM), 1(4), 161–170. https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.274

Issue

Section

Articles