PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE OUT DOOR STUDY

Authors

  • SRI ISWATI SMA Negeri 1 Tegalombo

DOI:

https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.149

Keywords:

Motivasi, Prestasi, Strategi Pembelajaran, Outdoor Study

Abstract

Sebagai seorang pengajar pada mata pelajaran Fisika, penulis merasa mempunyai tanggung jawab moral untuk berusaha membuat siswa termotivasi untuk belajar dan senang belajar khususnya mata pelajaran Fisika. Hal ini yang mendorong penulis untuk mengetahui teknik-teknik pembelajaran yang memacu siswa minimal senang belajar, sehingga diharapkan akan mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada  pembelajaran Fisika di SMA negeri 1 Tegalombo Kabupaten Pacitan. Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran di sekolah. PTK ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan sampel siswa kelas XI-IPA1 SMA Negeri 1 Tegalombo Kabupaten Pacitan tahun pelajaran 2022/2023. Dari hasil penelitian ada peningkatan Motivasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 11,02%. Hasil rata-rata observasi kreatifitas siswa pada siklus 1 sebesar 59,37% dan meningkat menjadi 96,87% pada siklus 2. Hasil Test menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode Out Door Study prestasi siswa masih dalam kategori “kurang” yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas sebesar 50,42. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa meningkat tapi belum maksimal masih dalam kategori “baik” yaitu dengan nilai rata-rata 72,92, sehingga hal ini menyebabkan peneliti ingin melanjutkan ke siklus dua. Dari hasil refleksi siklus 1 ini peneliti melakukan perbaikan-perbaikan pada pelaksanaan Metode Outdoor Study. Sehingga pada siklus 2 prestasi siswa sudah masuk kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata sebesar 84,58.

Downloads

Published

2023-08-25

How to Cite

ISWATI , S. (2023). PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE OUT DOOR STUDY . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 131–141. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.149

Issue

Section

Articles